Wednesday, November 6, 2013

Cara Selamatkan Data Di Harddisk Yang Terbakar

Kanibal harddisk - Untuk yang baru kali pertama merasakan situasi dimana harddisk tempat penyimpanan data yang tak pernah disangka-sangka akan rusak dengan cara terbakar, diakibatkan komputer sudah lama tak diperhatikan atau karena adanya kongslet pada listrik. 


Terbakarnya harddisk tentu saja akan menjadi sinyal bahaya pada kelangsungan data yang tersimpan, untuk itu jika sudah terjadi kondisi ini hal yang perlu dilakukan untuk menyelamatkan hardisk yang terbakar adalah dengan cara menyamakan type dari harddisk korban dahulu. 



Baru pertama kali saya lakukan dengan praktek walau sudah lama mendengar kejadian ini tapi kali ini saya harus melakukannya karena harus menyelamatkan data milik orang lain. kanibal harddisk rasanya menjadi pilihan satu-satunya lantaran tidak adanya pilihan selain itu kebetulan di ruangan saya memang ada hardisk yang memiliki kesamaan denagan hardisk yang terbakar PCbnya orang IT kebanyakn bilang seperti itu atau bisa di sebut komponen hardisk.


kanibal harddisk (genksukasuka.com)
kanibal harddisk (genksukasuka.com)

Rasanya panik juga ketika mendapati hardisk yang penuh dengan data-data penting tiba-tiba kebakar begitu saja, apalagi itu bukan data pribadi melainkan milik orang lain #sker.


Entah berawal dari apa namun kemungkinan besar sih itu akibat dari tikus yang kencing sembarangan, jadi ceritanya begini. Di pagi hari di tampat kini saya bekerja sebagai it suport mendapatkan keluhan dari staft devisi anu, nah pagi-pagi udah bau gosong aja tuh komputernya pada waktu mau menyalakan nah terus manggilah saya.



Ternyata memang bener bau gosong begitu menyengat saya cek ternyata sudah gak bisa nyala komputernya maka saya putuskan untuk di bawa keruangan saya (ruang praktek) siap-siap untuk di operasi. Kemungkinan yang saya ambil pertama adalah power suplay nya yang kena makanya mati, setelah saya ganti bener aja tuh power supplay harus ganti.


Selamatkan data harddisk dengan kanibal harddisk

kanibal harddisk (genksukasuka.com)
kanibal harddisk (genksukasuka.com)

Setelah nyala belum saya colok langsung ke hardisk, begitu saya coba colok dan teken tombol power #tesss (bunyi hardisk) sambil kebakar ngeluarin api lah dia. Buru-buru dah panik dan copot kabel power sedini mungkin.

Ternyata masalahnya ada dua power supplay yang mati dan hardisk yang terbakar bagaimana solusinya. googling di internet dapetlah ini kanibal hardisk. Tinggal mengganti pcb dari hardisk itu saja kok dengan catatan sama tipe dan kapasitas dari hardisknya, alhamdulilah data masih bisa di slametin #nafaslega hidup pun tenang jiah.. 

Selamat mencoba dengan seksama...

sumber : Kanibal harddisk terbakar

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...