Thursday, January 17, 2013

Hibernate



Teknisi Katro - Hola sobat katro kali ini mau ngebahas tentang hibernate, karena kemaren ada temen nanya apa sih hibernating ujarnya begitulah isi pesan singkat yang saya terima, karena susah ngejelasinnya secara panjang jadi saya langsung bales dengan singkat itu seperti tertidur atau menyimpang batre di laptop. 

Nah karena sangking katronya saya hanya tau arti hibernate itu dari pengalaman dan dari langsung melihat dari pengaturan yang ada di notebook atau laptop, makanya saya coba mencari tau langsung arti hibernate yang sesungguhnya.

Hibernate adalah salah satu mode dalam manajemen power dimana dalam status ini komputer akan menyimpan isi memory ke dalam harddisk untuk kemudian supply power ke komponen-komponen tertentu diputus sehingga konsumsi power dapat diminimalkan.

Hibernate hampir sama dengan mode Standby, hanya saja hibernate lebih sedikit mengkonsumsi power dikarenakan dalam kondisi ini komputer tidak perlu mensupply RAM, tentunya dengan konsekuensi waktu pengaktifannya (wakeup) lebih lama dibandingkan apabila aktif dari status standby.

Pengaturan power (power management) khususnya di perangkat-perangkat yang disupply oleh batere seperti laptop sudah menjadi suatu kebutuhan. Dengan fitur ini sebuah perangkat dapat dikontrol agar mengurangi konsumsi power sehingga life time batere dapat lebih lama (efisiensi pemakaian power).

Intel dan Microsoft mengembangkan secara bersama-sama APM (Advanced Power Management), yaitu API yang mengijinkan BIOS untuk menjalankan fungsi pengaturan konsumsi power, misalnya dengan cara mengurangi kecepatan CPU, mematikan putaran harddisk atau mematikan supply power ke monitor ketika berada pada kondisi tidak aktif setelah periode waktu yang telah ditentukan.

Monitor yang mendukung fungsi API seperti ini biasanya disebut sebagai green monitor, artinya monitor yang ramah lingkungan.

Nah begitulah kurang lebih penjelasan untuk arti hibernate kurang lebihnya, pada dasarnya ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang terus maju.



Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...