Thursday, January 3, 2013

Cara Copy File di Terminal Linux

Cara Copy File di Terminal Linux - Cara ini sangatlah sederhana bagi yang sudah mengerti tentang dunia linux, gampang dan mudah. Tapi bagi yang baru kenal linux car untuk memindahkan satu file ke file lainnya sangatlah sulit, yah kita sebut saja copy file di terminal linux, pasti bingung bagi yang sudah sering menggunakan windows.

Berkat adanya internet kita bisa belajar dengan mudah mencari informasi tentang cara copy file di terminal linux bahkan bukan hanya itu, segal hal kebutuhan informasi sudah mudah di dapatkan di internet.

Sambil belajar sambil di praktekan, itu cara belajar yang efektif buat saya, apalagi kalo lagi pake linux segalanya gak bisa hidup dunianya kalo internet gak tersambung, berasa ada yang kurang.

Cara meng copy file di terminal linux ada dua tipe, pertama mencopy file lewat terminal tapi hanya satu file langsung ke dalam satu folder, dan yang kedua cara yang berbeda yakni untuk mencopy folder satu ke folder lainnya.

Oke sekarang langsung ke caranya :

Yang pertama cara copy file di terminal linux dari satu file ke folder lainnya, contoh saat saya ingin mengcopy file[ libflashplayer.so ] yang mana file tersebut berada di dalam folder [install_flash_player_11_linux.i386]

yang akan saya pindahkan ke dalam folder /usr/lib/chromium/plugins/ 
caranya : 


  • ketikan : 
  • sudo cp /home/jayboana/Downloads/install_flash_player_11_linux.i386/libflashplayer.so /usr/lib/chromium/plugins/  [enter]


Maka akan secara otomatis file libflashplayer.so akan di copy ke dalam folder plugins.

Yang ke dua adalah cara mengcopy folder di terminal linux. disini di ambil contoh saya akan mencopy folder usr [warna biru] ke folder plugins tempat mencopy file libflashplayer.so di atas.
caranya hampir sama hanya saja ditambahkan -R berikut caranya:


  • ketikan : 
  • sudo cp -R /home/jayboana/Downloads/install_flash_player_11_linux.i386/usr /usr/lib/chromium/plugins [enter]


Maka secara otomatis folder usr akan di copykan ke dalam folder plugins, untuk bisa mengeceknya bisa langsung buka folder tersebut menggunakan cara GUI bukan lagi menggunakan terminal. jika ada dua file tersebut berarti berhasil.

Selamat mencoba mencopy file lewat terminal .

sumber ubuntu-indonesia

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...