Friday, July 18, 2014

Troubleshooting : Fingerprint X100-C Serupa Tapi Tak sama

Fingerprint X100-C menjadi bahan postingan curhat teknisi katro kali ini, sebab fingerprint yang udah lama dengan tipe yang X100-C itu rupanya punya versi yang baru dalam artian serupa tapi tak sama, nah apa yah kira kira serupanya dan yang tak sama dengan fingerprint yang model baru min C ini.

Yang sama di Fingerprint keluaran dari solution itu sudah jadi langganan di perusahaan tempat saya kerja, karena emang mudah dipelajari dan gampang dipakainya juga, jadi sobat katro pun kalau baru kenal fingerprint mungkin fingerprint ini bisa dijadikan rujukan menurut si katro mah.

Okelah ini sih curhat aja yah, kalau pertama beli dulu fingerprint tipe X100-C suaranya terima kasih setelah kita meletakan finger di mesin, agak lantang suaranya, nah kalo fingerprint X100-C yang baru ucapan terima kasihnya agak melau gitu dan gak lantang, mungkin dia lelah.

Fingerprint X100-C Serupa Tapi Tak sama
Lalu ada lagi perbedaan buat admin nih, jangan langsung backup mentah mentah data dari fingerprint lama walau tipe sama X100-C tapi jenis yang baru memiliki perbedaan di menu dan versi OS juga versi sidik jari, nah ini nieh mulai keliatan bedanya, kalo versi X100-C yang lama itu sidik jarinya versi 9 kalau yang baru versinya 10.

Tips sebelum backup data fingerprint
Yang harus diperhatikan adalah ijin admin harus di hapus terlebih dahulu sebelum backup data alias transfer data, entah itu dari USB, flashdisk atau jaringan, yah sama saja pokoknya sebelum transfer data sidik jari karyawan kudu pastiin ijin admin kudu dihapus dulu, baru deh transfer dari software ke mesin baru yang mau di transfer.

Dalam kasus yang pernah saya alami, karena gak merubah ijin admin, akhirnya mesin baru fingerprint versi keluaran bari tipe X100-C itu tidak bisa masuk ke menu admin, (caranya tekan tombol OK selama tiga detik) yang ada malah keluar gambar gembok dan ada tulisan minta ijin akses gitu, padahal kita belum bikin admin baru, dan nyangkanya udah bisa langsung kebaca sama mesin yang baru, karena asumsinya itu versinya sama X100-C fingerprint nya.

Dan ternyata salah, versi fingerprint yang rupanya sama fingerprint X100-C ini ternyata beda dalemnya , softwarenya yah semuanya beda kalau sudah masuk ke menu admin.

Nah alhasil karena konek ke pc gak bisa, baik menggunakan usb atau jaringan, karena menu sudah seakan terblokir, dan......bingung, dan bingung....

Solution, yah sesuai dengan namanya akhirnya saya kontek solution untuk mencari solusi dari permasalahan yang saya alami dikantor, untung masih ada cadangan jadi masih bisa backup mesin yang sedang ditangani ini aman, dan mengulang lagi backup dengan belajar dari pengalaman hehe,,,

Setelah tranfer ternyata gak segampang itu, masih ada satu settingan lagi, tadi kan sebelum transfer fingerprint kudu hapus ijin admin dari software, nah setelah semua beres transfer lancar dan sudah bisa masuk menu admin.

Menurunkan versi sidik jari OS baru ke yang lama
Tapi pas absen ehh,, gak bisa nongol dan gak bilang makasih itu fingerprintnya malah bilang maaf silahkan coba lagi karena salah, setelah telpon solution akhirnya dapet pencerahan, itu kudu di turunin dulu versi OS nya dari versi sidik jari 10 ke versi 9, karena versi lama 9 jadi kudu di sesuaikan baru bisa kebaca data fingerprint yang lamanya.

Memang kudu jeli sekarang sebagai teknisi, kudu mau baca manual book ini nih yang sering lupa karena so pinter padahal katro he, yah maklum orang indonesia gitu lhohh...

Dan satu hal trouble yang tadi diatas yang belum ketemu, setelah berhasil backup dengan mesin yang lainya.
Kembali telpon solution tapi saya lebih apdol ngobrol sama teknisi solution yang di mangga dua, di telpon berapa kali sama saya ndak sewot beda sama yang dipusat, jujur aja ini mah makasih buat sampean entah siapa anda.

Nanti saya posting di lain halaman kalo gak lupa, untuk masalah reset menu admin atau cara hack menu admin di fingerprint X100-C yang baru... :D

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...