Wednesday, June 25, 2014

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Laptop Bekas sumber Google
Laptop Bekas sering kali menjadi pilihan untuk mereka yang tidak memiliki banyak uang, cukup buat makan setiap hari saja sudah untung barangkali, ada yang sering mengatakan hal itu dan memang pilihan untuk memiliki sebuah barang baru harus ditempuh. Dan mendapatkan laptop bekas juga tidak mudah karena kalau salah menempuh jalan beli yang tidak sesuai akan mengakibatkan depresi karena kena tipu.

Bahkan ketika sudah melihat secara fisik langsung untuk beli laptop bekas tapi yang namanya juga barang elektronik itu pasti memiliki kekuatan daya yang tidaklah mungkin abadi karena setiap perubahan harga selalu akan ada sesuatu yang lebih.

Dari mata-cyber sobat katro mengutipnya dengan singkat kalau yang namanya barang bekas pasti sudah tidak bagus apalagi baru, nah kalau sudah jelas tapi yang namanya bekas itu yang paling penting adalah kondisi yang harusnya tidak jauh dari yang baru, hanya saja masalah siapa yang membuka kardus pertama kalinya.

1. Kondisi fisik
Secara kasat mata, kondisi fisik laptop bekas dapat menjadi tolok ukur bagaimana perlakukan yang dilakukan terhadap laptop bekas yang hendak Anda beli. Jika laptop tersebut benar-benar dirawat dengan baik, kondisi fisiknya seharusnya juga masih terlihat baik. Periksa secara teliti kondisi casis-nya. Barangkali Anda akan menemukan beberapa goresan pada casis laptop tersebut. Sekali lagi periksa dengan teliti untuk menghindari penyesalan di kemudian hari.

2. Layar
Salah satu komponen laptop bekas yang harganya paling mahal adalah layar LCD. Oleh sebab itu, periksa secara detail kondisi layar laptop yang Anda pilih. Pastikan LCD masih bekerja dengan baik. Perhatikan bagian pojok layar. Layar yang bermasalah biasanya agak redup di bagian pojok. Cobalah untuk mengubah sudut layar dengan menekuk laptop beberapa derajat. Pastikan layar tetap bekerja dengan baik.

3. Touchpad dan Keyboard
Jika Anda malas membawa-bawa mouse, touchpad bisa menjadi pengganti terbaik. Periksa kinerja touchpad dengan meletakkan jari Anda diatasnya. Gerakkan kursor ke beberapa arah serta lakukan beberapa perintah. Selain touchpad, keyboard juga merupakan elemen paling penting dari sebuah laptop. Pastikan semua tombol masih berfungsi dengan baik karna semua tombol keyboard memiliki peranan yang sama pentingnya.

4. Baterai
Kebanyakan laptop bekas mempunyai baterai yang cukup lemah. Dalam hal ini Anda juga harus paham betul kebutuhan Anda akan laptop tersebut. Jika Anda menggunakan laptop bekas untuk bekerja di rumah/kantor Anda bisa menggunakan daya listrik melalui charger. Lain halnya jika Anda sering bekerja di tempat yang tidak memiliki stop kontak. Anda harus mempertimbangkan untuk membeli spare part baterai baru.

5. Spare part
Sebaiknya memilih laptop dengan spare part yang mudah dicari. Jika dikemudian hari laptop Anda mengalami masalah dan harus mengganti salah satu komponen, Anda akan tenang karna komponen tersebut mudah ditemukan di pasaran sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menggantinya.

6. Pastikan Semua Aplikasi Berjalan Dengan Baik
Aplikasi yang paling penting dari sebuah laptop adalah sistem operasi. Jadi perhatikan benar kinerja sistem operasinya. Jangan sungkan untuk meminta penjual melakukan install ulang sistem operasi jika benar-benar bermasalah.

7. Garansi
Laptop bekas mungkin sudah tidak mendapat garansi resmi dari pabrik pembuatnya. Namun setidaknya, Anda harus menanyakan garansi dari toko penjual. Penjual laptop bekas biasanya memberikan garansi berupa service gratis. Beberapa juga memberikan garansi replacement. Jadi, jelilah dalam memilih toko.

Nah begitulah Hal yang perlu diperhatikan saat membeli Laptop Bekas semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah Informasi bagi sobat yang mau beli Laptop Bekas supaya gak tertipu dengan tampilannya yang bagus tetapi barangnya jelek :D hehe. Semoga Bermanfaat ya sob :) jangan lupa komentarnya tak tunguu loh :v hahaha

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...