Thursday, March 27, 2014

Cara Merubah Port SSH di Ubuntu

Cara Merubah Port SSH Ubuntu - Scure Shell yang biasa dikenal dengan sebutan SSH dikalangan penggiat ubuntu apalagi, mungkin sudah tak asing lagi dengan nama itu, sebab ssh sangat diperlukan untuk melakukan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan.

Apalagi yang suka pakai linux dan unix ssh memang harus diaktifkan, contoh hal saat saya mencoba instalasi server samba server pada waktu itu, selesai instalasi tentu saja ingin cari cara praktis untuk melanjutkan kegiatan didalam server, agar tidak selalu masuk menggunakan PC yang terinstall server saya ingin meremote pc server berbasis linux tentu perlu ssh dan harus aktif.

Misal saya menggunakan putty nah port untuk SSH ini harus aktif dan sama saat menjalankan putty barulah bisa berjalan dengan aman dan lancar ketika kita mengarahkan IP target. untuk itu sebelum meulai langkahnya harus mengetahui cara merubah port SSH di ubuntu ini kalaupun tidak merubah setidaknya mengetahui port SSH dengan cara ini.

SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet

Cara Merubah Port SSS di Ubuntu, mungkin anda bertanya ngapain  juga harus ganti port SSH kalau udah tau, terus apa keuntungannya yang didapat setelah merubah port SSH?. Salah satu keuntunganya yaitu dari segi security connectionnya dengan merubah port standard ssh (22) menjadi port yang kita mau jadi ga sembarangan orang dapat melakukan koneksi ssh ke server kita. Nah langsung aja yuk gimana sih Cara Merubah Port SSH di Ubuntu :
  1. Masuk ke console.
  2. kemudian masuk ke root.
  3. Selanjutnya edit file sshd_config dengan cara :

  4. vi /etc/ssh/sshd_config

  5. Kemudian cari kata "Port 22" dan rubah angka 22 dengan angka port anda yang baru. Untuk mengedit di vi tekan huruf i. Sebagai contoh saya rubah menjadi Port 666.
  6. Selanjutnya keluar dan save file sshd_config yang telah di edit tadi dengan cara :
    tekan Esc lalu tekan :wq

Begitulah Cara Merubah Port Ssh di Ubuntu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

@Katro-Corp

    Printer Hp Laserjet Pro M12w

    Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...