Thursday, January 9, 2014

Perbedaan Microsoft Project Dan Primavera Project Planner

Bagusan mana sih make Ms.Project atau Primavera??

Saya mendapatkan tugas untuk mencari perbedaan kedua software ini, padahal sebelumnya emang saya gak tau masalah nama keduanya. Karena boss nyuruh yah apaboleh buat ane cari juga, biar dalam hati saya berkata kata ini si boss udah bisa buka internet aja masih juga minta dicariin masalah ginian.

But, saya ambil hikmahnya saja, primavera atau ms project itu rupanya sebuah program untuk memenejemen sebuah project sipil, yang mana bisa dijadikan rujukan untuk mempermudah pekerjaan yang ada. nah setelah saya liat liat keduanya dan membandingkan dari penelusuran saya agaknya primavera lebih dominan untuk dipilih, biarpun memiliki sama tujuan tapi untuk masalah prioritas primavera lebih di unggulkan.

Bagi yang belum tau ke 2 jenis program diatas, program tersebut adalah program yang biasa digunakan untuk perencanaan penjadwalan suatu project. Nah sesuai fungsi nya, program ini banyak digunakan oleh project planner, project control, scheduler, project managaer, estimator, dll untuk merencanakan jadwal kegiatan proyek, jadwal penggunaan material, jadwal penggunaan peralatan, dan jadwal penggunaan tenaga kerja.

Bagaimana perbandingan ke2 program ini?

Keunggulan utama dari Primavera dibanding MS Project adalah pada saat tahap pengontrolan, dimana. Primavera akan memberikan analisa yang lebih akurat dibanding MS Project. Untuk sampai saat ini Primavera  mampu menampilkan grafik Resources(material, manpower, equipment) ,Cost dan S-Curve dalam bentuk Percentage yang dapat menampilkan perbandingan antara plane dan earn untuk setiap periode waktu tertentu. Di Primavera kita juga dapat bekerja secara Multi Project, sehingga kita dapat melakukan tracking resource/cost by Project Portfolio. Juga sejak Primavera versi 5 sudah berbasis database, sehingga dapat digunakan secara multi-user.Bahkan saat ini sudah ada versi Web, sehingga user dapat melakukan update dari mana pun.

Saat ini Primavera Project Management sudah hadir versi 6.1. Juga tentang integrated dengan Microsoft Office sangat baik, tidak hanya untuk MS. Excel, bahkan tersedia menu khusus untuk export/import ke MS. Project.Tentang membuat S-Curve, Primavera menerapkan konsep Earn Value Management yang tentunya tidak sekedar mampu menampilkan dalam bentuk persentase, tapi juga dapat menampilkan Remaining & Forcasting Cost. Untuk S-Curve dalam persen dapat diatur dari Graph Scale setting.Dan mungkin bagi yang sudah memanfaatkan P6 Web, dengan Dashboard Report dan Portfolio Analysis yang sangat user friendly, baru dapat merasakan bedanya dengan MS. Project.

Menurut gw, Biasanya MS. Project digunakan untuk meng-handle project-project kecil, dan Primavera untuk Capital Project yang perlu integrasi data dan report terpadu, sehingga factor human error minimal.

Jadi bagusan mana dong ?kalo menurut gw 22 nya sama2 bagus, tergantung kita enak makainya yang mana, tapi bagi gw kalo kita bisa primavera itu dapat menjadi nilai plus bagi kita karena biasanya perusahaan-perusahaan besar lebih tertarik ke jobseeker yang bisa mengoperasikan program ini. Mengkombinasikan ke2 program ini merupakan cara terbaik karena waktu input data  (resource, calendar, code…) kali pertama memakai ms project (karena  lebih cepat dan mudah edit), naaah begitu sudah mulai updating / tracking proggress import ke primavera deh,,Combine is the best untuk ke2 nya..



sumber : http://cumikecap.wordpress.com/2009/03/03/microsoft-projevt-vs-primavera-project-planner/

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...