Friday, August 16, 2013

Perbedaan Antara Hub Dan Switch



Hanya sedikit yang saya tau tentang perbedaan Hub dan Switch untuk saat ini sepertinya malah sudah tidak ada yang mau ngejual Hun di toko komputer, dan hampir sudah tak ada yang tidak menjual  Switch di toko komputer, itu berarti si penjual sudah mengerti bahsa fungsi kedua barang ini sangatlah harus dimengerti dan penjual harus tau apa maunya pembeli.

Langsung saja perbedaan Hub & Switch secara sederhananya adalah sebagai berikut :



  • Bandwith yang tersedia akan digunakan secara bersamaan oleh semua port.
  • HUB akan mengirimkan semua paket yang diterima oleh satu port ke semua port lain walaupun hanya satu port saja yang seharusnya menerima paket tersebut.
  • Collision akan sering terjadi karena bandwith dipakai bersama oleh beberapa port.


Sedangkan Switch


  • Dengan switch akan memungkinkan pembagian bandwith bagi setiap port semua user boleh mendapat sambungan maksimum 10 Mb. Seorang admin dapat mengatur besar bandwith untuk setiap user.
  • Switch lebih pintar dari HUB. Switch akan mengirimkan paket data hanya pada port tujuannya saja. Kelebihan ini adalah karena switch mempunyai ciri intelligent yaitu boleh menyimpan tabel MAC Address NIC peralatan komputer lain dengan membuat perbandingan sebelum mengirim ke tujuannya. Dengan cara ini “network utilisation” dapat berkurang karena bandwith yang digunakan lebih efisien.
  • Collision mungkin tidak/kurang sering terjadi.

Kurang lebih seperti itu, yang paling gampang di ingat dari kedua perbedaan antara switch dan Hub adalah kepintaran dari switch ketimbang hub itulah yang paling menonjol, dan saya memang paling inget disitu jadi mudahlah buat teknisi katro ngingetinnya.

Maklum sebagai teknisi katro memang suka lupa dan itu adalah salah-satu dari kelebihan saya #loh 

salam katro,

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...