Monday, February 25, 2013

Print Server



Print Server kini menjadi solusi buat para IT mengambil langkah ini sebagai alternatif sharing printer. Biasanya share printer menggunakan cara yang sederhana hanya diintal disatu komputer sebagai server barulah kemudian di share kepada komputer client agar bisa digunakan bersama.

print server [tp-link.co.id]
Namun cara sederhana sharing printer itu mulai ditinggalkan karena dari produsen juga sudah memberikan solusi lain untuk alternatif sharing printer, yakni menggunakan print server sebagai penguat dan lebih dinilai flexible ketimbang server printernya di komputer.

Bentuk dari print server yang saya coba adalah merk TP-LINK usb printer server TL-PS110U itu tipe print server yang sudah kami coba diperusahaan.

Namun ada kendala yang masih dicari masalahnya kenapa bisa selalu terjadi error ketika sudah terkoneksi dan instalasi print server telah lolos test print.

Masalah yang terjadi ketika sehari sudah berjalan lancar ternyata ada salah satu komputer yang menjadi masalah setelah pemasangan print server ini, tapi setelah di install ulang PC kembali normal, dugaan pertama pc terkena virus walau ternyata tidak ditemukan virus dan setelah itu berjalan normal dengan print server.

Anehnya selang beberapa hari kemudian terjadi lagi throuble shooting lagi, pagi hari user masih bisa mengakses jaringan lokal dan masih bisa beraktifitas dengan normal, namun tiba-tiba jaringan putus dari mulai share printer dan lain-lain.

Ketika dicek memang benar saya coba copot kabel jaringan dari HUB ke print server ternyata bisa berjalan normal kembali, dan saya coba pasang lagi dan memang benar print servernya bermasalah, jika dipasang dikomputer.

Printer yang dipakai tipe HP Laserjet 1102 ketika saya coba cek didaftar printer yang suport disini untuk print server tipe tersebut tidak ada, apakah masalahnya ada disana?.

to be continue...

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...