Friday, November 15, 2013

Cara Recovery Notebook Asus

Teknisi Katro - Catatan katro kali ini mengatasi masalah notbook ASUS tipe F9F milik teman saya yang memiliki masalah di notebook asusnya itu. entah kenapa ia meminta saya untuk membetulkan atau menservice laptopnya itu, tapi ia bilang itu notebook bukan miliknya melainkan milik temannya.

Masalah yang awalnya tidak ia beritahu sebelumnya tau tau bilang "benerin notebook donk," ujarnya lewat pesan singkat di facebook, lalu saya jawab "kenapa notebooknya?" ,"gatau bawa aja,", jawabnya santai, "masalahnya apa, dulu , kondisi mati apa gimana?" saya coba melobi kembali."udah ambil aja dulu dirumah gue, terserah mau diganti apanya pokoknya bisa bener," jawabanya emang udah ketahuan dia gak mau ribet asal beres aja yang penting.

Yah sebenernya saya juga mau menganalisa dulu apakah kondisinya bisa saya tangani apa tidak, sebab bila hanya diceritakan tanpa kejelasan yang pasti akan sulit ditracking menganalisanya, minimal untuk bisa mengatasinya lebih meminimalisir kerusakan yang ada. 

Saat saya cek sebelum menemukan cara recovery notebook asus di embah google saya mengecek notebook atau laptop asus teman saya ini dalam keadaan yang normal dalam artian masih bisa nyala, terus masuk windows. Dia menggunakan windows vista asus F9F kalo tidak salah tipe dari notebooknya itu, masih menggunakan windows vista original home premium.

Saat itu saya cek, windowsnya memang bisa booting normal, tapi saat saya cek untuk klik di drive D:/ notebook asus itu tidak bisa dibuka foldernya, bahkan untuk klik kanan saja tidak bisa untuk open. lalu ngopi file juga tidak bisa langsung, saya duga ini kena virus tapi saat bukan windows explorer kadang tidak bisa, lalu close sendiri program minta restart atau di close gitu. Asumsi saya windowsnya juga currup nih, maka jalan mencari cara untuk recovery notebook asus saya pilih, tadinya  mau instal ulang pake windows biasa tapi ada file recovery di menu installasi.

Karena belum pernah sebelumnya recovery notebook pernah juga pas dulu kerja jadi teknisi beneran, tapi udah lama banget tiga tahunan lebih kayaknya. cara recovery notebook asus harus saya cari di internet tapi kebanyakan masih bahasa inggris yang membuat tutorial recovery notebook asus dan itu tak menentu juga typenya, mungkin bisa untuk tipe semua notebook asus barangkali, dan sayapun mencoba langsung caranya seperti dibawah ini :

Cara Recovery Notebook Asus

1. Tekan <F9> saat bootup.
2. Tekan [Enter] untuk memilih Windows Setup [EMS Enabled].
3. Pilih bahasa yang Anda ingin memulihkan dan klik Next.
4. Baca ASUS Preload pesan Wizard dan klik Next.
5. Pilih opsi partisi dan klik Next. Pilihan partisi:

  • Recover Windows to first partition only ( Recover Windows untuk partisi pertama saja )

Pilihan ini akan menghapus partisi pertama dan memungkinkan Anda untuk menyimpan partisi lainnya dan membuat partisi sistem baru sebagai drive "C".

  • Recover Windows to entire HD ( Recover Windows ke seluruh HD ) 

Pilihan ini akan menghapus semua partisi dari drive hard disk dan membuat partisi sistem baru sebagai drive "C".

  • Recover Windows to entire HD with two partitions ( Recover Windows ke seluruh HD dengan dua partisi ).

Pilihan ini akan menghapus semua partisi dari drive hard disk dan membuat dua partisi baru "C" (25%) dan "D" (75%).
6. Ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemulihan.

Saat saya mencoba cara recovery notebook asus diatas saya masih tidak langsung percaya bisa, sebab dalam langkah atau cara recovery yang saya baca tidak ada kejelasan yang menandakan keberhasilan dari cara tersebut, namun karena saya tidak menemukan cara recovery notebook asus yang lain, maksudnya yang lebih mendekati masuk diakal makanya saya langsung mencobanya.

Saat dipilihan langkah nomer lima cara recovery asus ini bikin saya mikir keras pasalnya bahasa inggris coy, harus bener-bener dipahami, salah sedikit matilah kau. Yang pertama bisa diartikan kedua dan ketiga akhirnya setelah saya pahami barulah saya eksekusi dengan berharap setelah langkah itu atau langkah yang saya ambil itu adalah jalan yang benar untuk memperbaiki windows di notebook asus tersebut.

Dan langkah demi langkah telah dilewati hanya langkah nomer lima saja menurut saya yang membuat bingung dan harus diperhatikan, jangan sampai salah mencari cara recovery notebook asus tipe F9F karena notebook ini sudah langka, sebab windowsnya kan udah ketinggalan juga.

Selamat mencoba.!

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...