Sunday, October 30, 2016

Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Perbedaannya

Secara luas jaringan komputer sudah semakin maju, apalagi sekarang jaringan wifi sudah dimana mana, tentu saja perkembangan dunia wireless juga semakin besar, lalu bagimanakah jenis dari jaringan komputer yah dan seperti apakah jalan menuju roma itu.

Seperti yang udah kita ketahui kalau secara garis besarnya jaringan komputer ada 5 jenis, untuk lebih jelasnya bagaimana cara membedakan jenis jaringan komputer tersebut, berikut akan teknisi katro ulas dengan lebih terperinci untuk definisi pada tiap-tiap jenisnya.

Cara membedakan kenis jaringan komputer


Sekarang kita coba memahami dalam hal ini untuk mengkategorikan / mengelompokkan jenis-jenis desain dari jaringan komputer yakni dengan ruang lingkup atau skala wilayah mereka. Untuk alasan historis, industri jaringan mengacu pada hampir setiap jenis desain sebagai semacam jaringan area. Contoh umum tipe jaringan adalah sebagai berikut:

Jenis jenis Jaringan Komputer dan Perbedaannya

1. Local Area Network (LAN) - Adalah jaringan internal di dalam sebuah gedung atau kampus atau rumah. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu organisasi, perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya misalnya printer, media penyimpanan (storage) serta saling bertukar infromasi.

Baca juga  Memahami Jaringan Komputer

2. Metropolitan Area Network (MAN) - Merupakan versi LAN yang dengan cakupan / area lebih luas dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan bisa berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN) - Sudah memiliki jangkauan geografis yang lebih luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet - Gak asing lagi sama satu ini. Internet itu udah makanan harian. Orang yang terhubung kejaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Kumpulan jaringan yang saling terhubung (terinterkoneksi) inilah yang disebut dengan Internet.

5. Jaringan Tanpa Kabel - Atau yang biasa lebih dikenal dengan Wireless merupakan sebuah solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Jaringan tanpa kabel memiliki kelebihan karena lebih leluasa bergerak (mobile) dalam melakukan aktifitas komunikasi.

Semoga saja pengertian dari bagaimana cara membedakan jenis-jenis jaringan berdasarkan fungsi serta kemampuan atau cakupan (area) yang telah saya urai diatas bisa membantu siapa saja yang ingin lebih memahami mengenai jaringan tersebut. Jangan lupa untuk kembali mengikuti ulasan yang masih terkait tentang jaringan pada kesempatan berikutnya. salam katro.

sumber : ebook service kmpter


No comments:

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...