Mengenal Rekayasa Perangkat Lunak hanya ada di akademis nama ini, dan pelajaran inipun didapat disana, dan yang perlu kita kenal sebagai orang awam seperti katro ini tentu bila mendengar namanya rekayasa perangkat lunak udah pasti berkaitan dengan software dan jauh dari hardware, walau akan tetap butuh hardware.
Yah saat mencari rekayasa perangkat lunak di wiki menjelaskan secara terbuka apa itu Rekayasa Perangkat Lunak dan apa sih yang dipelajari didalam bidang ini, dan apa sih goalnya setelah memperlajari mata kuliah rekayasa perangkat luanak?
Nah pertanyaan seperti ini kadang tak terngiang didalam pikiran saya ketika masuk kuliah dulu, walau sempat gagal menjalani prosesnya, tapi sekarang sedikit nya mengerti cara kerja dan cara belajar
Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.[1]
rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)
Ternyata software semacam web design atau bahasa pemprograman secara umumnya itu sudah masuk kedalam RPL (rekayasa perangkat lunak) yah, akhirnya tau juga dalam kelompokan dalam bahasa akademis setidaknya yah...gak katro katro amat kalo kebetulan nanti ada teman atau siapa ketemu lagi ngobrol ketemu ama obrolan yang nyangkut arahnya kesana.
Rekayasa Perangkat Lunak Di indonesia dijadikan disiplin ilmu yang dipelajari mulai tingkat Sekolah Menengah Kejuruan sampai tingkatan Perguruan Tinggi. Di tingkat SMK, jurusan ini sudah memiliki kurikulum materi pelajaran sendiri yang sudah ditentukan oleh Dinas Pendidikan. Rekayasa Perangkat Lunak Di tingkat SMK biasanya mempelajari materi materi seperti Bahasa Pemrograman, Desain Web, Pengetahuan tetang Undang Undang HAKI dan ITE, dan sebagainya, tergantung dari sekolah dan kurikulum tiap tahunnya.
Dan kalau Sekolah menengah atau anak SMK kejuruan biasanya dikenal dengan MM alias multimedia,
Kualitas perangkat lunak (software quality)
Teknik kebutuhan perangkat lunak (requirements engineering)
Manajemen proyek perangkat lunak (project management)
Pengujian perangkat lunak (software testing)
Metode formal (formal methods)
Penjaminan mutu perangkat lunak (software quality assurance)
Verifikasi perangkat lunak (software verification)
Perangkat lunak terdistribusi (distributed software engineering)
Manajemen konfigurasi perangkat lunak (software configuration management)
Perawatan perangkat lunak (software maintenance)
permodelan dan perancangan perangkat lunak (software design and modelling)
Arsitektur perangkat lunak (software architectures)
Arsitektur perangkat lunaks (software architecturess)
Dan yang satu lagi dua hal yang berbeda tapi sebenernya saling membantu, yah itu adalah software dan hardware, biar beda kerjaan tapi satu kesatuan.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_perangkat_lunak
Yah saat mencari rekayasa perangkat lunak di wiki menjelaskan secara terbuka apa itu Rekayasa Perangkat Lunak dan apa sih yang dipelajari didalam bidang ini, dan apa sih goalnya setelah memperlajari mata kuliah rekayasa perangkat luanak?
Nah pertanyaan seperti ini kadang tak terngiang didalam pikiran saya ketika masuk kuliah dulu, walau sempat gagal menjalani prosesnya, tapi sekarang sedikit nya mengerti cara kerja dan cara belajar
Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.[1]
rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)
Ternyata software semacam web design atau bahasa pemprograman secara umumnya itu sudah masuk kedalam RPL (rekayasa perangkat lunak) yah, akhirnya tau juga dalam kelompokan dalam bahasa akademis setidaknya yah...gak katro katro amat kalo kebetulan nanti ada teman atau siapa ketemu lagi ngobrol ketemu ama obrolan yang nyangkut arahnya kesana.
Rekayasa Perangkat Lunak Di indonesia dijadikan disiplin ilmu yang dipelajari mulai tingkat Sekolah Menengah Kejuruan sampai tingkatan Perguruan Tinggi. Di tingkat SMK, jurusan ini sudah memiliki kurikulum materi pelajaran sendiri yang sudah ditentukan oleh Dinas Pendidikan. Rekayasa Perangkat Lunak Di tingkat SMK biasanya mempelajari materi materi seperti Bahasa Pemrograman, Desain Web, Pengetahuan tetang Undang Undang HAKI dan ITE, dan sebagainya, tergantung dari sekolah dan kurikulum tiap tahunnya.
Dan kalau Sekolah menengah atau anak SMK kejuruan biasanya dikenal dengan MM alias multimedia,
Kualitas perangkat lunak (software quality)
Teknik kebutuhan perangkat lunak (requirements engineering)
Manajemen proyek perangkat lunak (project management)
Pengujian perangkat lunak (software testing)
Metode formal (formal methods)
Penjaminan mutu perangkat lunak (software quality assurance)
Verifikasi perangkat lunak (software verification)
Perangkat lunak terdistribusi (distributed software engineering)
Manajemen konfigurasi perangkat lunak (software configuration management)
Perawatan perangkat lunak (software maintenance)
permodelan dan perancangan perangkat lunak (software design and modelling)
Arsitektur perangkat lunak (software architectures)
Arsitektur perangkat lunaks (software architecturess)
Dan yang satu lagi dua hal yang berbeda tapi sebenernya saling membantu, yah itu adalah software dan hardware, biar beda kerjaan tapi satu kesatuan.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_perangkat_lunak