Tuesday, August 26, 2014

Cara Install Ocsinventory NG

Cara Install Ocsinventory NG - Sudah tentu kalau mencari ocsinventory dalam kata kunci di mbah google mau tau banget cara instalasinya yang pertama, kalau buat sobat katro itu yang pertama kali dilakukan, selanjutnya yah tinggal mengikuti saja laurnya.

Untuk memulai mencari tau Cara Install Ocsinventory NG ada baiknya kite harus tau apa itu ocsinventory, kalau katro sih nangkepnya ini semacam web aplikasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data komputer yang termasuk kedalam inventory kantor misalnya, nah kalo udah ada ocsinventory semua komputer bakal keliatan dalemanya nih.intinya ya buat inventory perangkat komputer, lengkapnya baca aja di wikipedia ocs inventory.

Untuk belajar atau iseng bisa dimulai pencarian how to install ocs inventory on ubuntu server 12.04 karena memakai ubuntu server versi 12.04 dalam prakteknya saya menggunakan ubuntu yang 64bit biar ngacir coy, dan masih uji coba pake Virtualbox jadi gak usah pusing kalo gak punya pc buat ngetes ini aplikasi :D

Dari semua Cara Install Ocsinventory NG yang bertebaran di internet semua memang memberikan tutorial yang lengkap, apalagi kalo udah masuk ke wikinya langsung beuhh gak bakalan deh kelewat caranya, maksudnya lengkapnya luar biasa deh, sangking lengkapnya ampe gak mudeng, harus ngikutin sampe abis kadang sampe lupa jalan dan harus tersesat, ini lagi instal ocsinventory loh ampe kesasar segala.

Beberapa kali mencoba akhirnya nemu juga blog indonesia yang begitu simpel pisan ngejelasin Cara Install Ocsinventory NG di ubuntu, sangking simpelnya ampe saya komentar disana, yang memang dapat respon langsung dari penulis blognya, barulah saya brani nyoba Cara Install Ocsinventory NG yang terbaru mungkin bisa dibilang.

Yang enak dari ocsinventory itu yah karena opensource alias gratisan gak ada license segala macem, artinya bisa dipakai disemua user bahkan untuk windows juga sebenernya ada untuk servernya, tapi saya lebih memilih pakai linux belajarnya, sekalian opensourcenya maksudnya , kalau masalah client bisa pakai OS apa aja kan.

Nah berikut langsung kite coba instal Cara Install Ocsinventory NG di ubuntu 12.04 16bit selamat menikmati sobat katro :D

Yang perlu banget nih, sebelum berangkat ke Cara Install Ocsinventory NG 2.0.2 nantinya, setelah install ubuntunya kita nanti bakal kesulitan nyari cara mengganti ip address di server ubuntu atau cara mengganti DNS server di ubuntu server atau gatewaynya sekalian, yang mana tujuanya untuk mengaktifkan koneksi ubuntu server kite kejaringan internet, itu penting buat update. kecuali emang udah ada ocsinventorynya di download sebelmnya, bisa disesuaikan dengan keinginan.

Tapi katro bakal sharecara ganti ip address di linux ubuntu server juga buat ganti ip address kan perlu, kalau nanti gak ada ip address gak jalan dong ni aplikasinya nanti. okelah lanjut cara ganti ip address di ubuntu server 12.4 64bit :

+untuk melihat ip address ketikan :

ketik buat melihat ip : ifconfig 

ketik : sudo nano /etc/network/interfaces 

#iface eth0 inet dhcp
iface eth0 inet static
address 192.168.1.123
netmask 255.255.255.0
gateway 8.8.8.8

+untuk melihat dns :

sudo nano /etc/resolv.conf

nameserver  8.8.8.8
nameserver  8.8.4.4

Kalau udah tinggal tekan X kemudian yes dan enter, untuk save yang telah kita setting ip address dan dns nya tadi, tinggal di coba ping deh, untuk gateway dan name server bisa di sesuaikan dengan ip address di kantor.

Cara Installing OCS Inventory On Ubuntu 12.04

Tata-Cara :
1. Masuk sebagai root
2. Pastikan koneksi internet sudah bisa terhubung ke linux
3. Install Apache2
                 apt-get install apache2
4. Install PHP
                apt-get install php5
5. Install Database Mysql
               apt-get install mysql-server phpmyadmin

  • -Masukan Password untuk akses ke database
  • -Pilih apache2

6. Install OCS Inventory
               apt-get install ocsinventory-server ocsinventory-reports
7. Koneksi Database dengan OCS, Masukan ussername dan Password database serta ip server (localhost)
8. Masuk sebagai admin Ussername : "admin" Password : "admin"
Install OCS Agent di Linux
1. Install Agent OCS
             apt-get install ocsinventory-agent
-Pilih http
-Masukan IP server OCS

Udah begitu doang, kalau melihat Cara Install Ocsinventory NG yang aslinya di website wiki. ocsinventory nya buset beda jauh banget dah, luar biasa kan kalau udah liat perbedaanya..

Tapi setelah instalasi selesai memang sudah gak perlu lagi cari Cara Install Ocsinventory NG, tapi permasalah dari install ocs belum beres, bakalan ada allert nantinya kalau udah bisa log in ke ocsinventory yang udah kita install.

Contohnya ini : tapi nanti aja yah soale masih sampe sini juga saya installnya hehe :D yang jelas kan cara install ocsinventory udah bereslah, selaw pelan pelan ja belajarnya...


sumber : dsni

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...