Friday, September 14, 2012

Cara Mengatasi Jaringan komputer : Tanda Seru




Haloo sobat katro dimanapun anda berada, hari ini saya punya pengalaman menarik nih tentang Troubleshooting jaringan computer (menurut saya). Seperti biasa pekerjaan saya adalah sebagai teknisi computer  *yah sudah tau teknisi katro kan ups. Hari ini saya menangani client saya yang memiliki masalah pada jaringan computer lokalnya. Kenapa lokal karena hanya berlalu lintas di jaringan komputer kantor saja.

Nah jadi begini ceritanya, komputernya gak konek ke server local dikarenakan ada tanda SERU ( ! ) di icon jaringan computer biasanya icon ini muncul atau letaknya adanya di sebelah kanan pojok bawah, atau dibalik dibawah pojok kanan. Kalo dia menyala-nyala itu tandanya jaringannya lagi konek.

Nah ini dia ada tanda serunya otomatis jaringannya gak konek, dan pastinya dia gak bisa kerja karena kerjaannya adanya di server semua.

Cara Mengatasi Jaringan komputer : Tanda Seru
Analisis saya langsung mengarah ke kabel, router, dan IP. Namun setelah saya cek semua aman dan sampai akhirnya saya mencoba mengganti RJ45 dengan krimpingan yang baru, berharap dari situ masalahnya. Namun hal itu kandas dan sama saja tak ada perubahan yang berarti.

Lalu saya mencoba mengganti IP dynamic (berubah-ubah) yang sudah ada,  ini sudah di setting menggunakan Microtik dan bukan saya juga yang men-settingnya :D.  Biasanya kalo disini hanya gateway-nya saja yang diisi dan langsung mengarah ke IP server setempat.
Langkah selanjutnya saya masuk ke status login administrator, Sudah ganti IP, sudah ganti RJ45 masih juga itu jaringan bertanda seru!.

Barulah saya mencoba cara terakhir dan untunglah itu berhasil, kalo gak bisa mau gak mau saya pasti nanya sama masternya. Apa yang saya lakukan yang terakhir itu? Yah… jadi saya coba Disable saja langkahnya langsung ke : Control Panel\Network and Internet\Network Connections, atau langsung double klik itu icin, nah langsung saja di klik kanan icon Network Connection-nya ada bacaan Disable disana dan klik saja, setelah itu langsung coba di Enable kembali.

Dengan cara itu saya merasa kaget juga kok bisa konek lagi dengan cara sederhana seperti ini, bahkan tak pernah terpikirkan selama ini loh, sumpah!. Kini tanda seru itu hilang dan jaringan kembali normal.

Semua itu saya coba dengan spontanitas dan menggunakan nalar sekatro-katronya saya masih bisa lah berpikir menggunakan logika walau hal itu minim.

Semoga bermanfaat, salam katro

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...