Sunday, December 22, 2013

Pengertian dan Perbedaan Bandwidth dan Throughput





Pengertian dan Perbedaan Bandwidth dan Throughput - Mendengar nama bandwidth sudah sering ditelinga, khususnya bagi pengguna internet yang sudah tak akan lupa nama itu, apalagi kalo mulai di ahir ahir bulan dimana persediaan bandsidth mulai menipis, bagaikan pasokan beras yang mulai melorot.

Tapi kalo throughput saya baru kali mendengar nama itu dari tugas kuliah yang harus mencari tahu tentang keduanya, yah bandwidth dan throughout.

Dalam penjelasan kali ini sudah pernah ada yang sadar hal itu adalah throught. Apakah Anda pernah merasa koneksi anda terasa lambat walaupun menggunakan koneksi internet yang memiliki Bandwidth 125 kbps? Atau kadang-kadang hanya menggunakan koneksi Dial-Up yang memiliki Bandwitdh lebih kecil malah lebih cepat. 

Pengertian dan Perbedaan Bandwidth dan Throughput
Apa yang terjadi? Kecepatan Internet dengan Bandwidth yang dimiliki yang Anda lihat pada iklan ternyata berbeda dengan kenyataannya. Jadi, apakah Anda sudah tertipu dengan iklan penawarannya yang diberikan? Sebelum Anda berpikir demikian, selain bandwidth sebaiknya Anda juga harus mengetahui apa itu Throughput.

Pengertian Bandwidth
Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam suatu waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun aliran data digital.

Satuan yang digunakan untuk Bandwdth adalah bps (bit per second). Satuan ini berarti jumlah bit yang dapat  mengalir tiap detik melalui suatu media. Seperti yang kita ketahui bit (binary digit)  hanya terdiri dari dua angka yaitu 0 dan 1.

Konsep Bandwidth juga bergantung pada media dan jarak yang digunakan untuk mengalirkan data dalam jaringan.

Konsep bandwidth ini tentu saja juga mempunyai kelemahan, bandwidth tidak dapat menghitung berdasarkan kondisi jaringan yang sebenarnya. Untuk itulah ada satu lagi konsep yang perlu anda ketahui juga, mari berkenalan dengan Throughput.

PengertianThroughput
Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu. Tidak bingung kan? Lalu bagaimana perbandingan bandwidth dan throughput.

Waktu download terbaik adalah ukuran file dibagi dengan bandwidth. Sedangkan waktu aktual atau sebenarnya adalah ukuran file dibagi dengan throughput.

Begini saja, jika misalnya bandwidth anda yang anda tahu adalah 64 kbps, kemudian anda ingin mendownload file di Internet berukuran 128 kb, seharusnya file tersebut sudah sampai ke komputer anda hanya dengan waktu 2 detik (128/64), namun yang terjadi sebenarnya file tersebut tiba dalam waktu 8 detik. Jadi bandwidth yang sebenarnya atau yang disebut throughtput adalah 128kb/8 detik = 16 kbps.
Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi bandwidth dan throughput :

  • piranti jaringan
  • Tipe data yang ditransfer
  • topologi jaringan
  • banyaknya pengguna jaringan
  • spesifikasi komputer client/user
  • spesifikasi komputer server
  • media transfer
  • dan lain-lain

Saatnya menganalisa, yang udah udah bandwidth biasanya ada di paket internet di hape dan kalo ada habis quota yang diberikan. 

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...