Sunday, March 13, 2016

Bongkar Charger Laptop Acer/Adaptor Acer yang Gak Ngecas


Tiba-tiba alias sekonyong-konyong baterai laptop acer kesayangan saya butuh asupan gizi alias tenaga buat selalu on dan siap untuk dipakai selama dua jam kedepan kurang lebih segitu lamanya, daya tahan baterai second acer aspire 1430 core i3 milik saya pribadi kali ini.

Sudah berusia tiga tahun lebih laptop ini saya pakai, sudah ada beberapa komponen yang saya ganti pertama baterai laptop nya kedua nambah memory sodim dua giga jadi total memory tiga giga sekarang. Tapi sekarang harga charger laptop acer ternyata cukup mahal setelah cek ke mbah google harganya emang berfariasi dan gak semuanya sama, alhasil mencoba melakukan spekulasi dulu deh siapa tahu bisa dibenerin sendiri.

Sayang banget soale baru abis beli batre laptop juga kan, lagian harga baterai laptop juga gak sedikit, masa ia harus keluar duit lagi buat beli adaptor kan bisa tekor juga ni bandar. Nah karena penasaran maka cobalah untuk membongkar adaptor lapto sendiri, setelah susah payah membongkar adaptor 

Cara membuka Casing Adaptor laptop


1. pertama siapkan dulu alat dan bahannya, adaptor laptop dan obeng, bensin/minyak kayu putih,

 
Cara membuka casing adaptor laptop acer atau merk lain juga bisa
- Obeng min atau sejenisnya (pokoknya yang tipis)/ cutter
- adaptor yang mau dibongkar
- cotton bud (ato korek kuping, hehe)
- yang paling penting Minyak Kayu Putih atau bisa menggunakan bensin, kali ini pake minyak kayu putih untuk percobaanya.

2. Kemudian olesinn minyak kayu putih ke sambungan adaptornya, bisa menggunakan cutton bud atau kain dengan merata kesisi sisi bagian yang akan dibuka.
3. tunggu sekitar 15-20 menit supaya minyak tadi meresap (fungsinya buat membuak lem pada adaptor laptop)
4. Setelah itu, congkellah perlahan bagian sambungan adaptor laptop tadi pakai obeng min atau kalau benar-benar meresap, cuma di cungkil pakai tangan aja sudah bisa langsung lepas, atau ditegokin aja
5. dan jika berhasil adaptor laptop anda sudah terbuka.

Bongkar Adaptor Acer yang Gak Ngecas
bongkar adaptor laptop acer 

Tips Merawat Charger Laptop Agar Awet

Kendala mungkin karena pemakaian saya rasa dan keteledoran saat memakai adaptor atau chargeran untuk laptop kabel ini rentan sekali rusak pada bagian ujung adaptor, yakni kabel yang langsung dari penghubung adaptor ke laptop.

Diposisi itulah yang putus, dalam kasus ini cargeran atau adapter notebook pas di colok nyala lampu adaptornya tapi untuk aliran listrik ke laptop gak nyala jadi sudah bisa diambil keputusan bahwa adaptor laptop tidak bermasalah dan kemudian kita cek lagi kabelnya yang mengarah ke jantung laptop.

Baca juga : Cara tingkatkan daya tahan baterai laptop 

Saat di cek ternyata tidak ada cacat pada kabel adapter notebook seperti terkelupas ataupun putus. Saat bertanya kepada teman dia menyarankan untuk mengecek bagian kabel yang ada di adaptor biasanya ada sambungan yang putus dibagian itu, karena temannya pun pernah juga mengalami hal yang serupa seperti ini.

Alhasil setelah membongkar adapter notebook dengan peralatan sederhana, seperti kater, obeng kecil min, cukup menguras keringat dan emosi juga karena lumayan memakan waktu yang lama dalam membongkar adaptor ini, karena ia dilapisi dengan lem yang kuat, tapi dengan cara menggunakan kater cukup efektif jika bersabar dan terus dicoba sampai bisa.

Dan ternyata bener saja setelah dicoba dibagian sambungan saya potong kemudian di coba lagi dengan menyambungkan kabel tersebut jadi warna item itu bentuk serabut, dan yang putih bentuk kabel biasa, makanya jangan suka sembarangan naro kabel cargeran. Dan alangkah baiknya setelah menggunakan laptop untuk menaruh adapter notebook dengan baik, jangan asal menggulung atau asal menaruhnya di tas lalu membiarkan dia tertumpuk oleh buku atau barang lainnya terlalu lama.

 Semoga saja kita teliti dan pelajaran dari Bongkar Charger Laptop Acer/Adaptor Acer yang Gak Ngecas diatas bisa dicegah sebelum adapter notebook sobat katro benar benar rusak, dan semoga saja belum terlalu parah sehingga masih bisa mencoba memperbaiki sendiri tanpa perlu panggil teknisi laptop atau pergi ketempat service laptop dan mengeluarkan biaya tambahan.

Printer Hp Laserjet Pro M12w

Keluaran baru dari produk HP yang masih mengeluarkan jenis laserjet untuk office atau perkantoran, yang mana membutuhkan printer yang bisa m...